a dynamic of feeling

KARDUS HANDBOOK

Pengantar Penulis

Menilai seseorang menjadi sebuah spontanitasku dalam berinteraksi dengan seseorang terutama orang yang barukulihat. Contoh kecil aku menilai seorang pria yang sangat rajin beribadah daridahinya, bekas sujudnya dan bagian mata yang terdapat kantung mata berwarnagelap. Pria dengan ciri ini dia cukup sering beribadah dan tentu saja kantung mata yang berwarna gelap menunjukan bahwa dia sedikit tidur dan sering bangun diawal waktu.

Berbeda dengan wanita, aku menilai dari cara berpakaian, selera warna dan bagaimana dia berinteraksi dengan lawan jenis yang tentu saja bukan bagian keluarganya. Melihat dan mengamati pergelangan tangan dan kaki wanita, cukup untuk bisa mendapatkan informasi mengenai aktivitasnya dan seberapa berkelas wanita tersebut. Mungkin agak berlebihan dan lancang, tapi deduksi ini berguna untuk menentukan bagaimana kita harus bersikap terhadap seseorang.

Dinamika perasaan dan deduksi sangat berlawanan. Perasaan akan sangat mempengaruhi penilaian, maka dalam melakukan deduksi sebaiknya singkirkan semua perasaan yang ada, benci, cinta, sehingga mendapatkan penilaian yang benar benar akurat. Dalam menanggapi dinamika perasaan serta sikap dan akibat yang terjadi dalam interaksi sehari-hari, makakita harus dapat mengenal dan menentukan karakteristik seseorang.

Pria. Dalam interaksi sosial, aku membagi menjadi beberapa karakter. Pertama seorang pria yang sangat ramah,perhatian, dan suka menolong, sikap ini dia terapkan kepada semua orang. Kedua,pria dengan karakter sebaliknya, acuh, tidak peduli terhadap apapun. Ketiga,pria yang ramah, perhatian, dan suka menolong namun hanya pada orang tertentu saja, kepada keluarga atau kepada lawan jenis yang dicintainya.

Menanggapi sikap pria. Wanita,aku juga membagi menjadi beberapa karakter. Pertama, dia yang sangat tidak peduli atau biasa saja dengan sikap perhatian seseorang. Kedua, sebaliknya dia yang sangat peka dan mudah tersanjung akibat dari sikap baik orang lain atau sangat tersinggung akibat dari sikap buruk orang lain. Ketiga yaitu wanita yang memanfaatkan karakter pria yang ketiga.

Kesalahan-kesalahan. Pria sangat salah ketika terlalu berlebihandan selektif bersikap baik terhadap orang lain atau lawan jenis dalam kasus ini. Dia berbuat baik hanya pada orang atau wanita tertentu. Maka pria yang tidak bersungguh-sungguh dalam hal ini mungkin termasuk dalam istilah PHP(Pemberi Harapan Palsu). Dan wanita juga akan salah ketika menanggapi dengan berlebihan sikap baik pria padahal mungkin pria tersebut berbuat baik terhadap semua orang, terlalu cepat menyimpulkan dengan perasaan tanpa melihat fakta.

Korban dalam kasus ini tentu saja wanita, wanita yang cepat tersanjung dengan sikap baik pria akan tersakiti ketika menemui fakta bahwa pria tersebut biasa saja atau tidak memiliki perasaan apapun terhadap wanita tersebut. Maka aku menyarankan untuk melakukan deduksi seperti paragraph pertama dan kedua agar bisa menilai karakter seseorang. Jika mungkin wanita kesulitan dalam melakukan deduksi maka akan sedikit kupermudah dengan langkah-langkah yang tepat untuk menilai seorangpria.

Untuk wanita, menilai pria jangan pernah melihat dari penampilannya karena itu sangat menipu. Menilai karakter pria dapat dilakukan dengan mengamati sikap mereka terhadap tiga orang. Pertama sikap mereka terhadap orang yang lebih tua, dengan melihat sikap pria terhadap kaka kelas, dosen, guru, pengemis yang tua, maka itu cukup bisa menjadi referensi bagaimana dia akan bersikap kepada orang tua anda. Kedua yaitu sikapmereka(pria) terhadap anak kecil, pria baik akan sangat di senangi oleh anak kecil. Lalu ketiga adalah sikap mereka kepada lawan jenis selain anda, pria terhormat dan berkelas adalah yang menjaga kata-katanya terhadap semua wanita.

Sebenarnya banyak kasus yang lain, namun kasus seperti ini yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s