A Metallurgist

Pernah ngobrol bareng seorang penulis hebat, ternyata dia punya ritual khusus sebelum menulis. Keren, ritualnya adalah beliau selalu berdo’a sebelum memulai tulisannya. Tak mau kalah, akupun membuat ritual tersendiri sebelum menulis, yaitu berdo’a agar tulisanku bisa keren, dan mengucapkan sebuah kalimat ajaib “Aku bersumpah dengan sepenuh hati akan berbuat keonaran”. Mulai.

Ilmu pengetahuan deteksi. Yang membedakan seorang metallurgical engineer dengan engineer yang lainnya adalah cara berfikir deduksi, analisis, dan kemampuan deteksi yang begitu kental dalam darah metalurgi. Contohnya adalah jika terjadi sebuah kecelakaan akibat jembatan yang runtuh, maka para engineer akan mencari apa yang menyebabkan jembatan tersebut runtuh, dan ternyata jembatan tersebut runtuh akibat salah satu material penyusun jembatan tersebut retak dan akhirnya patah. Setelah mengetahui bagian mana yang rusak, maka para engineer memperbaiki dan mengganti material tersebut.

Tidak sampai disitu, para metallurgical engineer seperti Sherlock Holmes detektif termahsyur dari Baker Street, London, mereka terus mencari apa yang menyebabkan material tersebut patah? Apakah karena kesalahan dalam produksi material tersebut, atau karena terkorosi (berkarat), atau karena beban berlebihan yang dialami oleh material tersebut. Jika demikian, maka pertanyaan selanjutnya adalah apa dan bagaimana? Kesalahan apa yang terjadi dalam produksi material itu dan bagaimana bisa terjadi, atau korosi jenis apa yang ada pada material itu dan bagaimana itu bisa terjadi, apakah karena air sungai yang mengalir dibawah jembatan memiliki kadar garam yang tinggi atau karena terdapat limbah kimia disekitar jembatan sehingga material tersebut berkarat.

Semua pertanyaan tersebut merupakan sebagian kecil peta berfikir seorang metallurgical engineer. Dalam dunia metallurgy, bidang ilmu yang khusus menangani sebab dan akibat dari kegagalan material disebut failure analysis.

Walau begini (bodoh dan menyedihkan), aku adalah mahasiswa teknik metalurgi, maka cara berfikir deduktif, analisis, dan detektif menjadi spontanitas-ku dalam kehidupan sehari-hari. Hanya perlu memperbanyak wawasan agar deduksi, analisa, dan kemampuan deteksi membawaku kepada sebuah kesimpulan yang akurat.

metallurgist

A Metallurgist should be a jack of many trades and a master of some
Terkel Rosenqvist

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s