acceptability

Tegal Alur, 1 Januari 2014. Ini diskusi yang kulakukan dengan beberapa penghuni Tegal Alur, Papandayan. Dipojokan Tegal Alur aku duduk dan bertanya pada salah satu tangkai Edelweis, bagaimana seorang pria dikatakan ‘meyakinkan’?

Tangkai bunga itupun berkata “penampilan” dengan jeda beberapa detik diapun melanjutkan “Dasar bodoh! Tentu saja seorang pria akan terlihat meyakinkan dengan penampilannya, kau harus berpenampilan oke jika mau meyakinkan seseorang hahaaha..”

“Kalau begitu, justru penampilan itu menipu dong”

“Justru itu tujuannya kan? Hahaa..”

Aku termasuk yang tak begitu peduli dengan penampilan, sangat tidak suka penampilan formal apalagi berpenampilan untuk tujuan meyakinkan orang (hehe..) mungkin suatu saat aku harus melakukan hal itu, tapi tidak sekarang.

“Jangan kau dengarkan perkataan si Edelweis itu,” aku kaget, ternyata salah satu tanaman paku disana ikut menjawab pertanyaanku.

Jika kau ingin dikatakan meyakinkan, maka bersikaplah yang benar, tunjukan dengan sikap dan perkataan yang baik, itu lebih keren dari sekedar penampilan”

“sikap, ini mungkin lebih baik dari sekedar penampilan” aku menambahkan.

tentu saja, dasar tolol! Jika kau berhasil meyakinkan seseorang dengan penampilan dan ternyata dia dikecewakan dengan sikap yang tidak sesuai penampilan, maka siap-siap saja kau digampar, hahaaa”

Kupejamkan mata, sambil kupikirkan jawaban dari tangkai Edelweis dan tanaman paku, menikmati sejuknya Papandayan diwaktu dhuha. Tidak terlalu dingin, dan tidak juga panas. Perlahan kubuka kedua mataku, kulihat tangkai Edelweis dan tanaman paku, mereka sudah menjadi tangkai Edelweis dan tanaman paku kembali.

Menatap langit. Aku tak peduli dengan penampilan dan sikap apapun, takan kulakukan tipuan murahan itu untuk meyakinkan seseorang, jika memang harus, maka akan kubuktikan, karena puncak gunung yang tinggipun tak lebih tinggi dari kaki kita ketika kita sudah dipuncaknya. –wahai nona berdarah campuran- acceptability

Advertisements

7 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s